Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN)

Tips Menghadapi Ujian Nasional ini berisi kumpulan cara yang pernah saya lakukan saat membuat persiapan untuk menghadapi ujian nasional. Dengan kata lain, tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya yang telah melewati masa-masa ujian nasional dengan sukses.

sukses ujian nasional

Sebagai mana kita ketahui bersama. Bahwa, ujian nasional merupakan momok yang paling menakutkan untuk segelintir siswa yang tidak siap menghadapi kenyataan yang bisa terjadi nantinya. Sebenarnya saya kurang setuju dengan diadakan ujian nasional ini. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan, antara lain :
  • Tingkat Kecurangan Semakin Tinggi
Dari tahun ketahun, angka yang menjadi standar kelulusan ujian nasional semakin tinggi. Ini menjadi faktor utama penyebab munculnya berbagai macam bentuk kecurangan. Mulai dari kasus pembobolan, pembelian sampai penyebarluasan kunci jawaban. Bentuk soal saja belum kelihatan seperti apa tapi kunci jawaban telah bertebaran dimana-mana. Kenapa ini bisa terjadi? Bukankah soal-soal ujian nasional disegel dan dijaga ketat oleh aparat keamanan negara sebelum ujian benar-benar dilaksanakan? Jawabannya tidak lain dan tidak bukan pasti ada praktek KKN dalam penyelenggaraan ujian nasional ini, terutama pada aspek Kolusi dan Nepotisme-nya. Dengan kata lain, ujian nasional secara tidak langsung hanya memperbesar persentase praktek KKN dinegara ini.
  • Tidak Menjamin Kemampuan Siswa
Sering kita lihat, siswa yang aktif dan berprestasi selama proses belajar mengajar disekolah tidak lulus ujian nasional. Bisa jadi dia temukan jawabannya tapi cara menjawabnya yang salah. Disinilah bermainnya faktor keberuntungan. Ujian nasional tidak menjamin siswa yang biasanya pintar akan lulus dengan mudah. Bisa jadi siswa yang sehari-harinya malas belajar malah memperoleh nilai bagus saat ujian nasional. Sekali lagi, faktor keberuntungan yang bermain disini. Jadi, sudah jelas kalau ujian nasional tidak menjamin kemampuan seorang siswa. Saya lebih setuju kalau diadakan ujian lisan oleh guru mereka masing-masing, dengan begitu guru-guru bisa menilai siswa mana yang memiliki kemampuan dan pantas untuk diluluskan.
  • Sering Menimbulkan Hal-Hal Yang Tidak Diinginkan
Bayangkan saja, 3 tahun sekolah tidak berarti apa-apa bila gagal diujian nasional yang diadakan selama 3 hari. Tidak masalah kalau siswa yang gagal siap menerima kegagalannya dan berusaha lebih keras lagi untuk lulus ujian dikesempatan berikutnya. Sering kali kita dengar, ada siswa yang gagal ujian nasional terus bunuh diri karena stress dan malu. Duh, secara tidak langsung ujian nasional ikut bertanggung jawab terhadap hilangnya nyawa seseorang. Sungguh tragis!!!

Nah, itu beberapa efek negatif yang timbulkan oleh ujian nasional. Tapi pada hakikatnya ujian nasional itu tidak ada salahnya, hal ini bisa terjadi bila semua element yang terlibat didalamnya bisa menerimanya dengan pikiran positif dan melaksanakannya sesuai prosedur yang telah ditentukan. Ujian nasional bertujuan mengajarkan siswa untuk lebih berusaha dan mengasah keyakinan serta kepercayaan diri mereka masing-masing dengan harapan terbentuknya generasi muda yang tangguh, pekerja keras dan tidak mudah putus asa nantinya. Tapi pada prakteknya, ujian nasional malah menimbulkan efek negatif lebih besar dari pada efek positif seperti yang diharapkan. Hal ini cukup menjadi bukti bahwa ujian nasional belum bisa dilaksanakan oleh negara kita, paling tidak untuk saat ini.

Berhubung ujian nasional menjadi syarat wajib untuk menyelesaikan pendidikan SMP atau SMA sederajat, mau tidak mau Anda harus lulus dan sukses melewati ujian ini. Diluar konsep belajar dan banyak mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan ujian nasional, Saya ada sedikit tips menghadapi ujian nasional yang akan Saya bagi kedalam beberapa kategori berdasarkan rentang waktunya. Anda bisa mengikutinya langkah demi langkah secara bertahap.

TIGA BULAN SEBELUM UJIAN NASIONAL

Tiga bulan sebelum ujian nasional, ada beberapa hal yang Saya lakukan. Antara lain :
  • Mengurangi Aktifitas Yang Banyak Menyita Waktu Belajar
Saya punya hobi jalan-jalan dan nongkrong bareng teman-teman. Hampir setiap sore dan malam Saya melakukan hobi tersebut. 3 Bulan menjelang UN, secara perlahan-lahan Saya kurangi aktivitas tersebut walau terasa menyiksa banget. Saya lebih banyak menghabiskan waktu diwarnet, cari soal-soal dan jawaban yang berhubungan dengan UN. Warnet yang paling sering Saya kunjungi waktu itu adalah FAIZ NET, sekarang sudah tutup atau pindah, Saya kurang tahu. Beruntung waktu itu Saya belum kenal dengan yang namanya FACEBOOK, kalau sudah kecanduan seperti sekarang, Saya tidak jamin bisa mengurangi aktifitas yang satu ini. Soalnya setiap hari Saya berhubungan dengan handphone yang notabene menjadi gadget wajib untuk facebook-an.
  • Rajin Ikut Terobosan dan Try Out
Biasanya 3 atau 2 bulan sebelum UN, sekolah-sekolah rutin melaksanakan terobosan untuk membahas soal-soal yang kira-kira berhubungan dengan UN. Saya rajin mengikuti terobosan ini. Selain takut diberi hukuman kalau tidak datang terobosan, Saya juga sadar bahwa Saya lemah dipelajaran hitung menghitung seperti kimia, fisika dan matematika. Dengan diadakan terobosan ini, lumayan bisa bertanya dengan anak-anak china yang sangat jago kalau soal hitung menghitung. Tidak cukup dengan terobosan, sekolah juga melaksanakan Try Out sebagai hasil evaluasi dari terobosan tersebut. Biasanya dalam rentang waktu 2 atau 3 bulan sebelum UN, sekolah akan melaksanakan 3 kali Try Out. Dari 3 kali Try Out, Saya hanya lulus di Try Out ketiga dengan nilai pas-pasan. Pada try out pertama, Saya tersandung di mata pelajaran kimia. Pada try out kedua, Saya tidak mengikuti mata pelajaran fisika otomatis Saya tidak lulus try out kali ini. Hal ini karena Saya lebih memilih mengikuti wawancara perlombaan karya sastra yang Saya ikuti sebulan sebelumnya, kebetulan jadwal wawancaranya bentrok dengan jadwal try out kedua untuk mata pelajaran fisika. Di try out ketiga Saya lulus dengan nilai pas-pasan, walau demikian Saya tetap bersyukur. Terobosan dan Try Out memang tidak menjamin Anda akan lulus UN nantinya, tapi setidaknya Anda akan terlatih mengerjakan soal-soal dan tidak canggung lagi saat berhadapan dengan soal ujian benaran.
  • Mengingat-Ingat Soal yang Pernah di Kerjakan
Ini Saya lakukan hampir setiap malam sekitar 1 jam. Soal-soal yang Saya dapatkan diterobosan dan try out akan Saya pelajari lagi sambil diingat-ingat soal dan cara penyelesaiannya. Mudah-mudahan nanti ada soal yang sama dengan soal yang pernah Saya kerjakan. Pada dasarnya Saya sama dengan anak-anak yang lain, suka ngantuk kalau lagi melihat buku pelajaran, itu sebabnya Saya hanya gunakan waktu 1 jam untuk belajar. Lewat 1 jam, Saya tutup buku, minum air putih dan tidur.

SEMINGGU SEBELUM UJIAN NASIONAL

Seminggu sebelum ujian nasional, ada beberapa hal yang Saya lakukan. Antara lain :
  • Berhenti Belajar
Seminggu sebelum ujian nasional, Saya tidak belajar lagi seperti malam-malam sebelumnya. Ini Saya lakukan untuk mengistirahatkan fikiran, tidak baik belajar terus menerus. Menyiksa badan namanya.
  • Menjaga Kesehatan
Biasanya seminggu sebelum ujian, berbagai macam penyakit akan singgah. Tiba-tiba saja kena sindrom takut dan tidak pede. Untuk itu Saya fokus menjaga kondisi badan agar tetap fit seminggu sebelum hari pertempuran dengan soal-soal. Selain makan, istirahat dan tidur teratur, Saya juga rutin minum madu lebah dan sarapan pagi dengan telur mata sapi
  • Pulang Kampung
3 hari sebelum UN Saya sempatkan diri untuk pulang kampung, kebetulan kampung Saya hanya berjarak 40 KM dari tempat Saya belajar (waktu sekolah Saya tinggal dirumah adik Ibu Saya). Tujuan utama Saya pulang kampung adalah minta doa restu dari kedua orang tua, sia-sia saja usaha yang kita lakukan bila tidak diiringi oleh doa. Apalagi doa orang tua yang terkenal sangat mujarab, jadi jangan lupakan hal ini. Selain mohon doa, Saya pulang kampung karena kangen sama masakan asam pedas ikan lele buatan Ibu yang sangat terkenal rasanya. Biar makin mantap menghadapi UN nya, hehehe. Bagi yang tidak sempat pulang kampung karena masalah jarak atau biaya, cukup telepon orang tua dan minta doa mereka. Dan bagi yang tidak punya orang tua, jangan sedih. Cukup minta doa saudara atau wali yang dituakan, doa mereka juga sama mujarabnya dengan doa orang tua kita. Mohon doa orang tua adalah hal wajib yang mesti anda lakukan.

MALAM SEBELUM UJIAN NASIONAL

Malam sebelum ujian nasional, ada beberapa hal yang Saya lakukan. Antara lain :
  • Lihat Soal-Soal yang Berkaitan dengan Mata Pelajaran yang di Ujiankan Besok
Setelah seminggu tidak belajar, pada malam sebelum UN Saya kembali melihat soal-soal yang berhubungan dengan mata pelajaran yang akan diujiankan besok. Misalnya besok ujian Bahasa Indonesia dan BioAndagi, Saya hanya melihat-lihat dan mengingat-ingat soal yang berhubungan dengan kedua mata pelajaran tersebut. Waktu yang saya gunakan tetap 1 jam, paling lama 1,5 jam karena Saya tidak ingin memaksakan diri.
  • Menyiapkan Peralatan yang Akan di Bawa Besok
Malam sebelum UN, Saya sudah masukkan peralatan yang akan dibawa besok kedalam tas, biar paginya tidak menghabiskan waktu untuk mengurus hal-hal yang begituan. Peralatan yang Saya bawa antara lain : Papan Ujian, Pensil 2 Batang (Faber Castell), Penghapus Warna Hitam, Peraut dan Nomor Ujian.
  • Tidur Lebih Cepat
Malam sebelum UN, Saya tidur lebih cepat. Biasanya Saya tidur lewat jam 22:00 WIB, pada malam-malam sebelum UN Saya tidur paling lambat jam 21:30 WIB. Selain berharap bisa bangun lebih cepat besoknya, Saya juga memang berniat menjaga kondisi badan agar  berada dalam kondisi prima saat mengerjakan soal ujian nantinya.

PAGI SEBELUM UJIAN NASIONAL

Pagi sebelum ujian nasional, ada beberapa hal yang Saya lakukan. Antara lain :
  • Bangun Lebih Awal
Saya bangun jam 05:00 WIB, setelah shalat subuh Saya gunakan waktu satu jam untuk kembali melihat-lihat soal yang malam tadi sudah Saya lihat. Belajar diwaktu subuh mempunyai pengaruh yang besar dibandingkan belajar diwaktu-waktu yang lain, kesunyian dan pikiran yang masih fresh setelah bangun tidur membuat otak bisa mengingat lebih banyak hal yang kita baca.
  • Sarapan
Ini hal wajib yang mesti dilakukan. Saya sarapan dengan telur mata sapi supaya lebih semangat mengerjakan soal-soal nantinya. Tidak lucukan, saat mengerjakan soal ujian tiba-tiba Anda pingsan karena lapar.
  • Berangkat Sekolah Lebih Awal
Hal ini Saya lakukan untuk menanggulangi rintangan yang mungkin bisa terjadi dalam perjalanan menuju sekolah. Misalnya hujan dan sepeda rusak. Selain itu, bila lebih pagi sampai disekolah, waktu yang tersisa sebelum masuk kelas bisa Saya gunakan untuk menenangkan diri biar tidak terlalu resah saat menghadapi soal-soal nanti.

SAAT UJIAN NASIONAL

Saat ujian nasional berlangsung, ada beberapa hal yang Saya lakukan. Antara lain :
  • Berdoa
Ini hal utama yang Saya lakukan, kebetulan waktu itu Saya bertindak sebagai ketua kelas jadi Saya yang memberikan arahan kepada teman-teman yang lain untuk sama-sama berdoa agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal-soal ujian nantinya.
  • Fokus
Setelah mendengarkan arahan pengawas dan membaca aturan ujian, Saya coba untuk fokus mengerjakan soal-soal yang telah ada didepan mata. Lima menit pertama memang susah untuk fokus karena harus menyesuaikan diri ditambah gangguan teman-teman yang minta jawaban secara sembunyi-sembunyi tanpa ketahuan pengawas padahal membaca soal saja belum, bagai mana mau memberi jawabannya. Ada-ada saja gangguan yang akan memecahkan fokus Anda. Berikan pengertian kepada teman yang mengganggu Anda atau pura-pura tidak dengar ketika mereka memanggil.
  • Kerjakan Soal yang di Anggap Paling Mudah
Ini tips andalan Saya, mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu untuk menghemat waktu.
  • Tidak Menghitamkan Jawaban yang Masih di Ragukan
Saya tidak akan langsung menghitam jawaban yang telah Saya dapatkan, Saya cukup memberi titik saja sebagai tanda. Dengan begitu, jika ada pergantian jawaban Saya tidak perlu menghapus lagi. Hal ini bisa mengurangi resiko lembar jawaban Saya kotor dan robek karena getah penghapus.

SPESIAL TIPS

Jika Anda membawa handphone tanpa diketahui oleh pengawas ujian, pastikan Anda menggunakannya dengan bijak. Saya yakin 100% akan ada banyak sms yang masuk berisikan kunci jawaban dari berbagai sumber. Disini ketelitian sangat dibutuhkan. Jangan asal contek saja tanpa memeriksanya terlebih dahulu. Tips amannya seperti ini :
  • Pastikan handphone Anda dalam mode silent tanpa suara dan tanpa getaran agar aman, tidak berisik dan tidak ketahuan pengawas.
  • Periksa kunci jawaban yang dikirimkan, apakah orang yang mengirimkan jawaban tersebut adalah orang yang Anda kenal dan Anda percayai. Tidak mustahil ada orang yang jahil mengerjai dan ingin menjebak Anda.
  • Cocok kan kunci jawaban yang Anda terima dengan jawaban yang telah Anda peroleh dengan usaha anda sendiri. Saya yakin dari banyak soal yang ada, pasti ada soal yang bisa Anda jawab sendiri tanpa bantuan orang lain, paling tidak untuk beberapa buah soal. Ini bisa menjadi patokan buat Anda menilai apakah kunci jawaban tersebut benar atau hanya jebakan semata.
  • Jika kunci jawaban yang Anda terima berasal dari teman Anda yang sama-sama mengikuti ujian nasional, pastikan Anda satu paket soal dengan teman Anda tersebut. Misalnya Anda mendapat paket soal B, kunci jawaban yang Anda terima harus dari teman yang sama-sama mendapatkan paket soal B juga. Jika Anda mendapatkan jawaban dari paket soal yang berbeda dan Anda mencontek tanpa memeriksanya terlebih dahulu, Saya yakin Anda akan terjebak oleh kecerobohan Anda sendiri.
Sebenarnya Saya tidak merekomendasikan tips spesial ini untuk Anda. Pada dasarnya jujur tetap lebih baik, tapi kejujuran dan kepercayaan diri saja tidak cukup untuk bisa lulus ujian nasional. Anda harus pandai-pandai, tapi jangan sampai memandai.
Semua tips yang Saya bagikan diatas (teori) tidak akan memberi pengaruh apa-apa jika tidak Anda praktekkan (action). Akhir kata, Selamat Berjuang. Tetap Semangat, Semoga Sukses.
Ayo bagikan tips-tips diatas keteman-teman Anda yang lain dengan cara menekan salah satu tombol berbagi dibawah ini. Dengan demikian, Anda telah ikut berpartisipasi memperbesar persentase kelulusan siswa yang akan menghadapi ujian nasional tahun ini (paling tidak ini merupakan sebuah usaha nyata yang bisa Anda lakukan)!!!

0 COMMENT

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan